Kesehatan

             
            Kesehatan
Zakat Kesehatan untuk Kehidupan yang lebih baik dan produktif

Rp. 0

terkumpul
0% terkumpul 316 hari lagi

“Memudahkan Urusan Orang Lain”

Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ , وَأَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ , أَوْ تَكَشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً , أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا , أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا , وَلأَنْ أَمْشِيَ مَعَ أَخِ فِي حَاجَةٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ يَعْنِي مَسْجِدَ الْمَدِينَةِ شَهْرًا

 

Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh.” (HR. Thabrani di dalam Al Mu’jam Al Kabir no. 13280, 12: 453. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan sebagaimana disebutkan dalam Shahih Al Jaami’ no. 176).

 

Mari berbagi senyuman dan kebahagiaan bersama 300 mustahiq, melalui Program Zakat Optimal DAPA Tasdiqul Qur’an yaitu :
Bantuan kesehatan melalui Program biaya kesehatan gratis untuk meringankan beban keluarga dan pasien.  

PROGRAM ZAKAT Optimal (ZO):
Dana zakat ini adalah besarnya sesuai dengan jenis harta yang sudah pencapaian Nishob 2,5% dan Haul hingga satu tahun.
Contoh Zakat Maal yang meliputi 4 (empat) macam maal (harta), yaitu : 

1)zakat emas dan perak (zakah adz dzahab wa al fidhdhah) termasuk dalam hal ini zakat uang

2)zakat perdagangan/perniagaan (zakah at tijarah)

3)zakat hasil perternakan yaitu binatang ternak (zakat al mawasyi) diantaranya hewan unta, sapi, dan kambing (domba) 

4)zakat hasil pertanian dan buah-buahan (zakat az zuruu’ wa ats tsimaar) diantaranya gandum, jewawut, kismis(anggur) dan kurma

 

1) Contoh Zakat Emas, Perak & Uang

Nishob Zakat : 85 gram emas, Kadar Zakat 2,5 %
Cara Menghitungnya : 2,5% x Jumlah harta yang tersimpan selama 1 tahun 

Contoh : Bapak Andi selama 1 tahun penuh memiliki harta yang tersimpan (emas/perak/uang) senilai Rp 200.000.000,-

Jika harga emas saat ini Rp 622.000,-/gram, maka nishob zakat senilai Rp 52.870.000,- Sehingga Bapak Andi sudah wajib zakat. Zakat Maal yang perlu Bapak Andi tunaikan sebesar 2,5 % x Rp 200.000.000,- = Rp 5.000.000,-

 

2) Contoh Zakat Perdagangan / Perniagaan

Contoh :  Ibu Usman seorang pemilik toko busana, ia memiliki aset (modal) sebesar 50 juta.

Setiap bulannya ia mendapatkan keuntungan bersih sebesar 5 juta
Usaha itu ia mulai pada bulan Januari 2019, setelah berjalan 1 tahun pada bulan tersebut ia mempunyai piutang yang dapat dicairkan sebesar 5 juta, Utang jatuh tempo yang harus ia bayar pada bulan tersebut sebesar 3 juta dan kerugian untuk menggaji karyawan selama setahun sebesar 10 juta

 

Jawaban:
Zakat perniagaan / perdagangan menggunakan standar zakat emas, dengan nisobnya adalah 85 gram, emas 24 karat, mencapai haul, dan kadar 2,5%
Penghitungan zakatnya adalah: (Modal + laba bersih + piutang ) - (utang + kerugian) x 2,5% = zakat (50.000.000 + 60.000.000 + 5.000.000) – (3.000.000 + 10.000.000) x 2,5% = Rp 2.550.000 (zakat yang harus dibayarkan)

 

3) Contoh Zakat Perternakan

Ada dua syarat penting untuk wajibnya zakat hewan ternak:

- Ternak yang ingin diambil susu, ingin dikembangbiakkan dan diambil minyaknya. Jadi, ternak tersebut tidak dipekerjakan untuk membajak sawah, mengairi sawah, memikul barang atau pekerjaan semacamnya. Jika ternak diperlakukan untuk bekerja, maka tidak ada zakat hewan ternak. 

- Ternak tersebut adalah sa-imah yaitu digembalakan di padang rumput yang mubah selama setahun atau mayoritas bulan dalam setahun. Yang dimaksud padang rumput yang mubah adalah padang rumput yang tumbuh dengan sendirinya atas kehendak Allah dan bukan dari hasil usaha manusia.

Nishab Unta = 5 ekor, Nishab Sapi = 30 ekor, Nishab Kambing = 40 ekor. Yang dikeluarkan zakatnya punya ketentuan sebagai berikut

1) 5-9 ekor unta = wajib zakat 1 kambing, 10-14 unta = 2 kambing, 15-19 unta = 3 kambing,

2) 30-39 ekor sapi = wajib zakat 1 tabi (sapi jantan berumur 1 tahun), 1 tabi'ah (sapi betina berumur 1 tahun)

3) 40-120 ekor kambing = wajib zakat 1 kambing berumur 1 tahun atau jenis kambing ma'iz yang berumur 2 tahun

 

4) Contoh Zakat Pertanian & Buah-Buahan

Apa itu Wasaq = Takaran (ukuran, volume) bukan Timbangan (ukuran berat/massa) 1 Wasaq = 6 Sho, sedangkan Sho itu Ukuran untuk Takaran. Nishobnya : 5 Wasaq x 60 Sho (setara dengan 900 liter atau 652,8 atau 720 Kg)

Kadar Zakatnya : Jika diairi dengan air hujan atau alami, wajib dikeluarkan 1/10 dari hasil panen (10%), 

jika pengairannya membutuhkan biaya seperti disiram oleh tukang siram, mesin air, kincir dan lain lain. Maka wajib dikeluarkan 1/20 dari hasil panen (5%), sedangkan jika diairi setengahnya dengan alami, dan setengahnya dengan biaya atau tidak tahu berapa kadar pengairannya secara alami, maka kadar zakatnya adalah 3/40 dari hasil panen (7,5%)

 

Keterangan:
*ZO (Zakat Optimal)
Jazakumullah khoiran katsiran para donatur, Semoga diberikan keberkahan pada hartanya, dimudahkan segala urusannya dan bermanfaat bagi para mustahiq. 

 

 

Ibu Ecin, sudah berumur 58 tahun saat ini tinggal di Kp. Nyampai RT 02 RW 06 Kec. Lembang, Bandung Barat. Asalnya Ibu ecin sebagai guru ngaji dan guru honor di SMA Panca Karsa Lembang, saat ini sudah 4 bulan ibu ecin sulit untuk beraktivitas seperti biasanya, karena beliau punya riwayat penyakit gagal ginjal dan harus cuci darah dalam seminggu dua kali. Ketika Tim DAPA berkunjung melihat kondisi rumah ibu Ecin yang cukup sederhana, suaminya yang bekerja sebagai kuli bangunan dan memiliki 6 orang anak. Keluarga ibu ecin harus menanggung 2 orang anak yang masih sekolah, sedangkan 4 orang anak lainnya, sebagian sudah bekerja dan menikah sebagai guru ngaji dan petani.

Alhamdulillah pada tanggal 19 Oktober - 03 Desember 2019 Tim Khidmat DAPA Tasdiqul Qur’an memberikan bantuan uang tunai yang kedua kalinya untuk biaya kesehatan Ibu Ecin. Mohon doanya untuk Ibu Ecin, semoga selalu diberikan ketabahan dan kesabaran. Untuk membantu Para Duafa, Mari Bersinergi bersama DAPA Tasdiqul Quran.

 

 

Bapak Sahli, sudah berumur 70 tahun saat ini tinggal di Cibaligo RT 04 RW 15 Cihanjuang Parongpong Bandung Barat. Asalnya bapak sahli bekerja sebagai kuli bangunan, tapi sekarang beliau sudah berhenti bekerja karna sakit sudah 1 tahun lebih, sulit untuk beraktivitas bahkan sangat susah untuk berjalan, saat ini bapak sahli punya riwayat penyakit prostat, sebulan sekali harus membutuhkan biaya untuk periksa kesehatan.
Alhamdulillah pada tanggal 12 Januari - 03 Desember 2019 Tim Khidmat DAPA Tasdiqul Qur’an memberikan bantuan uang tunai yang ketiga kalinya untuk biaya kesehatan bapak sahli. Mohon doanya untuk Bapak Sahli, semoga selalu diberikan ketabahan dan kesabaran. Untuk membantu Para Duafa, Mari Bersinergi bersama DAPA Tasdiqul Quran.

 

 

Alhamdulillah Tim Khidmat DAPA Tasdiqul Qur’an menyalurkan bantuan biaya pengobatan untuk Nenek Nenah, beliau berusia 83 tahun tinggal di Situ Aksan Dalam, Gang madrasah, Pagarsih - Kota Bandung. Nenek Nenah saat ini tidak bisa berjalan, penyebab awalnya karena terjatuh ketika hendak pergi ke pengajian, sakit yang dirasakan nenek diabaikan begitu saja karena beliau tidak mau menambah beban anaknya yang serba kekurangan, dan beberapa bulan dampaknya kaki nenek Nenah sudah tidak bisa dipakai berjalan sama sekali.

Mohon doanya untuk nenek Nenah semoga nenek diberikan kesembuhan, di angkat penyakitnya dan semoga penyakit yang diderita bisa menjadi pelebur dosa. Aamiin ya rabbal alamin.

Alhamdulillah pada tanggal 06 Mei - 09 Oktober 2019 Tim Khidmat DAPA Tasdiqul Qur’an memberikan bantuan uang tunai yang kedua kalinya untuk biaya kesehatan nenek Nenah. Mohon doanya untuk nenek Nenah, semoga beliau diberikan kesembuhan, di angkat penyakitnya serta diberikan ketabahan dan kesabaran oleh Allah Ta'ala. Aamiin

 

 

Alhamdulillah pada tanggal 18 Januari - 06 Maret 2019, Tim Khidmat DAPA Tasdiqul Qur’an menyalurkan bantuan yang ketiga kalinya untuk biaya kesehatan adik Aska Aulia Putri untuk berobat, yang beralamat di di Jl. Meleber Utara, Gang Bakti, RW 04 RW 08 Kota Bandung.
Penyakit yang diderita adik Aska yaitu mininghitis paru hingga mengalami kelumpuhan permanen. Mohon doanya kepada para donatur semoga adik Aska segera sembuh dari penyakitnya. Aamiin ya rabbal alamin. Untuk membantu Para Dhuafa, Mari Bersinergi bersama DAPA melalui program Zakat Optimal (ZO). Dana zakat ini adalah besarnya sesuai dengan jenis harta dan pencapaian Nishob.

 

 

Alhamdulillah, pada tanggal 18 Januari 2019 Tim Khidmat DAPA Tasdiqul Qur’an menyalurkan bantuan dana kesehatan berupa uang tunai kepada Ananda Nurul yang berusia 18 tahun, yang beralamat di Kp. Cibaligo, Desa Cihanjuang, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat. Semoga yang kami berikan bisa membantu biaya berobat dan meringankan kesusahan bagi keluarganya. Adapun penyakit yang diderita oleh Ananda Nurul yaitu mengalami kelumpuhan dari sejak lahir. Untuk membantu Para Dhuafa, Mari Bersinergi bersama DAPA Tasdiqul Quran

Member Donasi 0

Kantor Pusat :

Jalan Haji Mukti No.19 A Cihanjuang, Parongpong – Bandung Barat 40559

Mobile : 081223679144
Telp. : 022 – 86615556
Email : tasdiqulquran@gmail.com